Widget HTML Atas

Cara Memilih Nama Blog Yang Bagus

Cara memilih nama blog yang bagus- Sebuah nama memang menjadi salah satu hal yang wajib di perhatikan saat membuat blog.

Tidak boleh asal-asalan dalam memilihnya jika tidak ingin menyesal dikemudian hari, memilih nama blog yang bagus bisa membawa dampak positif bagi pemilik blog karena nama tersebut akan digunakan sebagai brand pemilik blog itu sendiri.

Cara Memilih Nama Blog Yang Bagus
Cara Memilih Nama Blog Yang Bagus

Meski sejatinya yang menentukan rangking dihalaman pencarian google merupakan isi dari blognya, tetapi jika nama blog sobat terkesan kurang profesional atau asal-asalan tentunya kurang bagus kan.

Oleh sebab itu sobat perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini saat memilih nama blog.

Pilihlah Nama Blog Yang Mudah Diingat

Cara Memilih Nama Blog Yang Bagus
Cara Memilih Nama Blog Yang Bagus


Coba sobat blogger lihatlah situs-situs besar yang ada di Indonesia dan lakukan riset, apakah ada yang menggunakan nama yang susah diingat?

Tentunya tidak ada bukan.

Ya, mereka tentu sudah melewati beberapa tahap untuk menentukan nama situs/website mereka. Bahkan saya jamin jika nama yang digunakan memiliki makna tersendiri.

Untuk cara memilih nama blog yang bagus terlebih mudah diingat sobat bisa memulainya dengan mengetikan nama apa saja yang terlintas dalam fikiran sobat dan tentunya mudah diketik.

Buatlah sebuah daftar kemudian coret atau hapus satu persatu daftar nama blog yang sudah sobat buat dan tentukan yang menurut sobat paling mudah diingat.

Agar lebih maksimal, sobat bisa bertanya kepada teman maupun kerabat dengan cara menyebutkan nama pilihan sobat kemudian tanya apakah nama tersebut mudah diucapkan bagi mereka.

Jika jawaban mereka tidak, sobat perlu membuat daftar lagi dan lakukan hal serupa sampai benar-benar menemukan sebuah nama blog yang bagus dan mudah diingat.

Carilah Nama Blog Yang Unik

Cara Memilih Nama Blog Yang Bagus
Cara Memilih Nama Blog Yang Bagus

Nama unik yang dimaksud merupakan sebuah nama yang belum tentu difikirkan oleh orang lain, tapi nama tersebut justru mampu mewakili dari isi konten blog tersebut.

Sebagai contoh; Jalantikus dan Bukalapak.

Sobat pasti tahu dengan kedua nama situs tersebut, dari kedua nama tersebut apa yang ada dalam fikiran sobat?

Seperti kita tahu jika jalantikus merupakan salah satu situs yang mengulas tentang teknologi, tips dan trik internet yang mungkin jarang sekali di tulis oleh orang lain.

Sedangkan Bukalapak sendiri merupakan salah satu situs belanja online terbesar di Indonesia.

Dari kedua nama tersebut apakah sobat berifkir jika namanya mampu mewakili dari isi kontennya, tentunya dong. Selain mudah diingat kedua nama tersebut sangatlah unik bukan.

Nah, untuk membuat nama blog yang unik, pertama sobat harus menentukan topik yang ingin dibahas dalam blog sobat. Kemudian berifkir sejauh mungkin imajinasi sobat.

Jangan Gunakan Angka Dan Tanda Tanpa Makna

Memilih Nama blog yang bagus dan mudah diingat tentu akan mudah untuk diketik. Namun sayangnya masih banyak para blogger yang menghiraukan hal itu.

Memang banyak situs terkenal menggunakan angka untuk nama situs mereka, akan tetapi angka yang dimasukan merupakan sebuah angka yang jelas mempunyai kesan profesional.

Nah, bagi sobat yang ingin menggunakan angka saat memilih nama untuk blognya saya sarankan untuk memikirkan banyak hal apakah angka tersebut diperlukan atau tidak.

Selain menurut saya sendiri kurang profesional jika tidak ada maknanya, kebanyakan situs yang menggunakan angka biasanya merupakan situs-situs ju*i, p*rno, dsb.

Jadi biasanya justru membuat para pengunjung menilai negatif situs sobat.

Masukan Keyword Untuk Nama Blog

Beberapa tahun silam, kebanyakan blogger menggunakan nama blognya dengan memasukan keyword didalamnya.

Menyisipkan keyword didalam nama blog memang memiliki tujuan tersendiri, selain pengunjung cepat paham isi dari blognya, memasukan keyword saat memilih nama blog memang dianggap akan lebih mudah untuk masuk page one.

Entah memang tehnik ini manjur atau hanya kebetulan terbukti dari blog saya mampu muncul di halaman pertama meski itu hanya hompage-nya sesuai keyword yang saya target.

Akan tetapi menurut saya sendiri tehnik ini kurang maksimal untuk dijalankan saat ini. Jadi jika sobat ingin memasukan keyword karena ingin lebih mudah masuk page one saya sarankan jangan gunakan tehnik ini, tetapi jika sobat ingin menggunakannya agar pembaca langsung mengerti isi dari blog sobat saya sarankan gunakan kombinasi katanya.

Contoh target keywordnya tentang ternak, sobat bisa gunakan nama ternakpedia, portalternak, ternaknews maupun lainnya.

Jangan Gunakan Merk Dagang Orang

Cara memilih nama blog yang bagus tidak hanya memikirkan apakah nama tersebut mudah diketik dan ingat.

Sobat perlu juga melakukan riset apakah nama blog tersebut sudah digunakan sebagai merek dagang orang lain atau belum.

Hal tersebut bertujuan agar sobat tidak melakukan pelanggaran terlebih terkena denda dari pihak yang merasa sudah mematenkan merek tersebut.

Contoh Google, jangan sesekali berfikir untuk menggunakan nama mbahgoogle ataupun nama yang mirip-mirip.

Jadi risetlah matang-matang agar tidak menyesal dikemudian hari.

Kesimpulan

Memilih nama blog yang bagus mungkin sulit menemukannya, tetapi jika nama tersebut untuk dijadikan sebagai brand kamu dimasa mendatang apakah tidak sayang jika memilihnya asal-asalan.

Baca Juga



Tidak ada komentar untuk "Cara Memilih Nama Blog Yang Bagus"