Widget HTML Atas

Cara Cek Broken Link Di Blog Dengan Mudah

Genajaib.com- Banyak sekali teman blogger khususnya yang baru mulai ngeblog sering menanyakan perihal cara cek broken link pada blog.

Padahal untuk mengeceknya sangatlah mudah, tetapi karena belum pernah, hal yang mudah pasti akan terasa sulit. Tenang saja itu lumrah, saya juga ngalamin.

Nah, untuk membantu teman blogger yang belum mengerti tentang cara cek broken link pada blognya ane buatkan artikel ini untuk kamu.

Tetapi, sebelum menuju tutorialnya pastinya sobat sudah paham kan apa itu broken link atau link rusak.

Kenapa blog kita sampai memiliki link rusak?

PERTAMA biasa terjadi karena sobat menghapus atau mengganti url dari artikel yang sudah terindex google tanpa mengirimkan permintaan penghapusan url tersebut ke google.

Google yang sebelumnya sudah mengindex artikel tersebut masih menganggap bahwa artikel yang sobat hapus masih ada.

Bahkan dari pengalaman saya, saat artikel berada di 10 besar pencarian google, masih tetap santui nongkrong di posisi semula hingga berminggu-minggu.

Tetapi karena artikel tersebut sudah tidak ada, sehingga saat di klik pasti akan memunculkan notifikasi terjadi 404/artikel tidak ditemukan.

KEDUA yakni url yang mengarah ke website lain. Misalnya suatu hari sobat membuat artikel baru di blog sobar, pada artikel tersebut sobat menaruh sebuah link yang mengarah ke website milik orang lain.

Tetapi setelah beberapa bulan ternyata url yang diarahkan ke web/blog milik orang lain ternyata sudah rusak dengan banyak alasan.

Jadi meski link tersebut sejatinya tidak terdapat langsung pada blog kita tetap akan menyebabkan broken link.

Itulah hal yang biasa menjadi penyebab kenapa ada istilah link rusak/url mati/broken link pada blog kita.

Lantas, apakah akan menimbulkan masalah dikemudian hari jika link rusak pada blog didiamkan begitu saja? 

Jawabanya, jelas akan menimbulkan masalah pada blog jika didiamkan saja.

Hal itu karena tautan rusak akan memperburuk pengalaman pembaca serta dapat menurunkan tingkat pengunjung pada blog sobat.

Selain itu, suatu blog yang memiliki link rusak tentu akan menurunkan rangking artikel blognya di hasil penelusuran google.

Oleh karena itu rajin-rajinlah untuk mengecek kesehatan blog sendiri.

Cara Cek Broken Link Pada Situs/Blog 

Cara Cek Broken Link Di Blog Dengan Mudah


Untuk mengecek link rusak sendiri sangatlah gampang, sobat bisa mengeceknya dengan bantuan tools online secara gratis.

Berikut beberapa tools online yang biasa saya pakai untuk mengecek link rusak

1. Broken Link Checker


 
cara cek broken link di blog

Setelah muncul halaman seperti gambar diatas, kemudian isi url blog sobat pada pada kolom yang telah disiapkan dan click "Find Broken Links".

cara cek broken link

Langkah selanjutnya ialah mengisi captcha security kode. Isi kode yang muncul pada kolom di sebelahnya.

Dibawah security code terdapat dua pilihan yakni;
  • Report distinct broken links only, atau
  • Report all occurrences of each dead link (may be slower)
Anjuran saya centanglah yang ke-2 , meski prosesnya lebih lamban, tetapi semua broken link/url rusak/link mati bisa kita lihat semuanya. setelah semuanya selesai kemudian click "Find broken links now !".

Tunggulah beberapa saat, biarkan situsnya mengecek blog sobat. Umumnya sekitar 5-10 menit (tergantung banyaknya url pada situs sobat)

Setelah selesai maka akan keluar hasil analisis semua broken link/url mati di website ente.

Perhatikan 2 gambar dibawah ini

cara cek broken link di blog


Pada kolom yang saya tandai warna merah merupakan hasilnya, jika blog sobat tidak memiliki link rusak maka laporannya yakni " 0 broken links ".

Tetapi jika situs sobat memiliki link yang rusak maka akan muncul laporan seperti gambar dibawah ini;

cara cek broken link di blog,cek broken link

Pada kolom "Page where found" sobat dapat melihat secara detail urlnya dengan cara klik ' url src ".

Sementara pada kolom "server respone" merupakan laporan status url dari hasil url yang ditemukan pada kolon "page where found".

Setelah mengetahui url yang rusak/mati maka langkah selanjutnya sobat tinggal menghapusnya saja atau mengalihkannya dengan link yang baru.

2. Siteliner

Untuk langkah yang ke-2 yakni dengan memakai situs Siteliner.com. Pertama sobat masuk ke situs siteliner terlebih dahulu.

Cara Cek Broken Link Di Blog Dengan Mudah

Perhatikan halaman pada gambar diatas. Isi kolom yang sudah disediakan dengan url bog sobat, kemudian klik "GO".

Cara Cek Broken Link Di Blog Dengan Mudah


Perhatikan gambar diatas, klik pada kolom yang sudah saya tandai warna merah (broken links).

Cara Cek Broken Link Di Blog Dengan Mudah

Jika blog sobat tidak memilki link rusak maka akan menampilkan halaman seperti gambar diatas, tetapi jika ada link yang rusak maka sobar tinggal memeriksanya.

Untuk langkahnya hampir sama saja dengan cara pada poin pertama.

PENTING; Enaknya menggunakan situs siteliner ini ialah laporannya lebih komplit, sobat tidak hanya mengecek broken link pada blog sobat saja.

Tetapi bisa mengecek hal lain seperti duplikasi konten, page size, speed, dan sejenisnya. Jadi sangatlah bermanfaat untuk meningkatkan SEO pada blog sobat.

3. Google Searh Console

Cara Cek Broken Link Di Blog Dengan Mudah


Selain digunakan untuk mengrimkan url artikel yang baru dibuat. Google search console sendiri bisa dimanfaatkan untuk mengetahui adanya link rusak pada blog sobat.

Fitur "converage" atau "cakupan" yang terdapat pada google webmaster dapat mengidentifikasi adanya link yang bermasalah secara real time. Selain itu biasanya sobat juga akan dirimi notifikasi melalui email jika ada masalah pada blogmu. 

Tetapi sayangnya google search console hanya bisa mengidentifikasi link yang memiliki masalah pada blog-mu saja, artinya jika ada link rusak yang mengarah ke situs lain kamu tidak bisa mengidentifikasinya. 

Poin ketiga ini memang sebenarnya tidak terlalu bisa diandalkan untuk urusan mengecek broken link pada blog, saya hanya ingin mengingatkan saja sejatinya google sendri sudah menyediakan tools gratis yang dapat secara cepat mengetahui apakah blog kita memiliki masalah atau tidak.

Oleh karenanya pahamilah menu-menu yang ada di google search console.

PENUTUP

Rajn-rajinlah memeriksa broken link di website sobat, toh cuman perlu waktu beberapa saat, cek-lah tiap 1 atau dua bulan sekali. Semoga bermanfaat

Untuk mengatasi broken link pada blog, sobat bisa gunakan metode ini cara membuat pengalihan khusus di blog

Tidak ada komentar untuk "Cara Cek Broken Link Di Blog Dengan Mudah"