Widget HTML Atas

Cara Setting Robot TXT Yang Benar Di Blogger

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial Cara Setting Robots.txt Di Blogger yang benar terbukti 100% WORK.

Cara-memperbaiki-robots-txt-di-blogger.

Namun, sebelum anda masuk ke tutorial cara memperbaiki robots.txt di blogger. Saya ingin menjelaskan pengertian dari robots.txt dan fungsinya.

Pengertian Robots.txt

Robots.txt adalah sebuah file teks sederhana yang berfungsi sebagai filter atau kontrol terhadap cara mesin pencari bekerja menjelajah di website kita.

Secara keseluruhan, website kita memiliki banyak file, dan dengan robots.txt ini maka kita bisa memerintahkan robots mesin pencari untuk menentukan mana yang boleh diindeks dan mana yang tidak boleh diindeks.

Pada dasarnya, sebuah robot search engine dirancang untuk mengindeks informasi dari sebuah website sebanyak yang mereka bisa. Dengan membuat perintah teks ini, maka website kita akan aman dari file- file yang seharusnya tidak boleh diindeks oleh robots.txt. Jadi bisa dibilang fungsi robots.txt ini adalah membatasi kebebasan menjelajah robot crawler dan juga melindungi file tertentu website kita yang memang tidak boleh diakses oleh robot penjelajah.

Mengapa Robots.txt Penting ?

Menurut saya pribadi, ada beberapa alasan tapi yang paling menonjol adalah 2 alasan tersebut, yaitu 1.keamanan & 2.akses.

1.Keamanan

Banyak yang belum mengetahui, bahwa robots.txt ini sangat berpengaruh terhadap keamanan sebuah website. Jika anda membuka semua data di mesin pencari, maka semua data tersebut akan tersebar dan dampaknya adalah keamanan website tersebut menjadi rentan. untuk itulah robots.txt ini sangat penting digunakan, agar mesin pencari tidak mengcrawl semua data pada website tersebut.

2.Akses

Mengapa saya beranggapan begitu ? Karena menurut saya pribadi, jika anda tidak memasang robots.txt pada blog atau website maka secara tidak langsung anda mengijinkan mesin pencari untuk mengakses situs anda tanpa batasan, dan dampaknya performa website atau blog anda akan menjadi lambat. Untuk itulah robots.txt ini sangat diperlukan agar tidak terjadi hal yang diinginkan.

Nah, jika anda sudah paham mengenai penjelasan dan fungsi robots.txt, maka langkah selanjutnya adalah anda memperbaiki robots.txt tersebut.

Untuk mengatasi robot txt ini, ada 2 cara yang bisa kalian gunakan, simak dibawah ini.

Cara pertama :

Untuk cara pertama, anda hanya perlu memasangkan robots.txt tersebut pada blog anda, seperti berikut ini :

Langkah 1 : masuk ke akun blogger.

Langkah 2 : masuk ke menu SETELAN >> PREFERENSI PENELUSURAN.


Langkah 3 : masukan kode kode dibawah ini.


User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: https://www.genajaib.com/sitemap.xml

PENTING : Ganti www.genajaib.com dengan nama domain anda.

Jika sudah melakukan cara pertama seperti diatas tersebut, maka langkah selanjutnya adalah tinggal melakukan cara yang kedua, simak dibawah ini untuk melakukan cara yang kedua.

Cara Kedua :

Untuk cara kedua berbeda dengan cara yang pertama, karena disini anda hanya memasukan sitemap ke Gsc tersebut, seperti dibawah ini :

Langkah 1 : masuk ke akun webmaster tools / GSC anda.

Langkah 2 : masuk ke menu PETA SITUS.

Langkah 3 : kemudian, masukan copy kode dibawah ini lalu pastekan kode tersebut ke dalam "Tambahkan Peta Situs Baru" >> Kirim.

https://www.genajaibcom/sitemap.xml

Langkah 4 : Selesai.

Tunggu lah sampai 1-7 hari agar peringatan robot.txt tersebut hilang, karena sistem google adsense akan melakukan riset ulang terhadap blog anda.

Baca juga

Akhir Kata :

Tutorial yang saya bagikan diatas merupakan tutorial cara memperbaiki robots.txt agar iklan adsense tidak blank, bukan tutorial cara mengatasi diindeks meski diblokir oleh robots.txt, semoga dengan adanya tutorial diatas, dapat memberi manfaat untuk anda semua.

Tidak ada komentar untuk "Cara Setting Robot TXT Yang Benar Di Blogger"