Widget HTML Atas

Tools Gratis Untuk Cek Kecepatan Blog atau Website

Genajaib.com- Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Tools Gratis Untuk Cek Kecepatan Website. 

Seperti yang kita ketahui bahwa kecepatan akses merupakan sebuah prioritas utama yang wajib dimiliki oleh sebuah website atau blog. 

Kecepatan akses ini lah yang harus dimiliki oleh blogger pemula ataupun blogger senior, tentunya dengan kecepatan akses membuat para pengunjung akan betah untuk datang ke blog tersebut.

cek-kecepatan-blog.

Seperti contoh, jika sobat berkunjung ke blog yang memiliki kecepatan yang lambat, tentunya sobat lama untuk menunggu nya bukan ? Dan juga pasti sobat mencari alternatif blog lain untuk membaca isi artikel yang ingin sobat baca ? 

Seperti hal nya para pengunjung lain juga, pasti jika blog yang sobat buat memiliki akses kecepatan yang lambat, tentunya akan memengaruhi traffic pengunjung tersebut.

Untuk itulah, kita sebagai blogger harus bisa memperbaiki kecepatan akses tersebut, agar dampak traffic pengunjung tidak akan turun. 

Simak dibawah ini untuk mengetahui dampak buruk terhadap kualitas kecepatan akses yang lambat.

Berikut ini dampak negatif terhadap kecepatan akses yang lambat.

Sebelum sobat masuk ke tools gratis, sobat juga harus tau sisi negatif nya untuk blog yang memiliki kualitas kecepatan akses yang lambat, karena dengan mengetahui ini, sobat akan paham mengapa kualitas kecepatan akses tersebut sangat penting untuk website atau blog, berikut penjelasan nya.

1.Pengunjung Tidak Akan Sabar Untuk Menunggu nya

Nah, faktor dampak yang pertama ini lah yang sering terjadi, karena jika sobat memiliki website yang loading nya lama, tentunya pengunjung tidak akan sabar untuk menunggu nya bukan ?

Jika seseorang tersebut mencari suatu informasi, baik itu pembeli produk ataupun ingin mendapatkan suatu informasi, tentunya seseorang tersebut tidak akan sabar untuk menunggu nya.

Menurut riset yang saya baca di google, 53% pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang memiliki loading nya lebih dari 3 detik.

2.Pengunjung Tidak Akan Kembali Ke Website atau Blog Yang Memiliki Loading Yang Lama

Sekali nya pengunjung mengetahui bahwa blog yang sobat kelola memiliki loading yang lama, pengunjung tersebut tidak akan kembali ke blog yang sobat kelola tersebut.

Tentunya dampak ini sangat berpengaruh terhadap visitor sobat, jika sobat ingin memiliki pengunjung yang banyak, maka sobat harus bisa memperbaiki loading blog tersebut.

Berdasarkan survey yang saya baca di KissMetric, 79% pengunjung tidak akan kembali mengunjungi website yang mereka anggap lama loading nya.

3.Website Cepat, Ranking Akan Meningkat

Menurut saya, hal yang paling penting adalah kualitas kecepatan akses tersebut, karena kualitas kecepatan akses ini lah yang akan di nilai oleh google. Semakin bagus kualitas kecepatan nya, semakin baik juga di pencarian google.

Google akan menggunakan berbagai faktor, salah satu nya adalah faktor kualitas kecepatan akses, untuk itulah sangat penting kecepatan akses tersebut. faktor ini berlaku untuk hasil pencarian di dekstop dan mobile.

Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Akses Website

Sebenar nya masih banyak lagi faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan akses website tersebut, tetapi disini saya akan membagikan beberapa faktor yang sering terjadi terhadap kecepatan akses website tersebut, yaitu :

  • Kecepatan koneksi internet
  • Lokasi dan spesifikasi server hosting yang sedang sobat digunakan
  • Ukuran file gambar, video atau file multimedia lainnya
  • Pengguna plugin yang terpasang di website
  • Source code yang digunakan tema meliputi HTML, CSS, JavaScript, dan lain sebagainya 
  • Dan masih banyak faktor lainnya

Berikut ini Tools Gratis Untuk Cek Kecepatan Akses Website

Terdapat beberapa cara untuk cek kecepatan Akses kecepatan website tersebut. Tetapi disini saya akan membagikan beberapa tools gratis, yang sering digunakan oleh blogger lainnya, Berikut ini 5 Tools Gratis Untuk Cek Kecepatan Website.



PingDom merupakan sebuah tools monitoring website paling terkenal saat ini, banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan jasa Tools Monitoring website ini, salah satu nya adalah Facebook. Salah satu fitur gratis yang dimiliki PingDom Adalah Cek Kecepatan Akses Website.

Untuk penilaian nya sendiri, PinkDom Meggunakan Penilaian Dari Skala 0 Sampai Dengan 100. Semakin tinggi nilai yang telah ditunjukan saat sobat selesai memeriksa  kecepatan website, maka hasil itu bisa di jadikan acuan bahwa website sobat bisa dikatakan memiliki kualitas yang baik.



Pada tahun 2010 silam, Google Resmi merilis Google PageSpeed Insights untuk membantu para penggunanya baik itu pemla atau webmaster sekalipun, untuk mengecek kecepatan akses website tersebut.

Untuk penilaian nya pun hampir sama dengan PingDom, Google PageSpeed Insights ini menggunakan penilaian skor persen, Lighthouse mengembalikan skor performa antara 0 dan 100.0 adalah skor serendah mungkin. Untuk nilai performa dari 0 sampai 49, yang menunjukan bahwa website sobat lambat. Untuk nilai performa dari 50 sampai 89, yang menunjukan bahwa nilai website tersebut rata rata, sedangkan untuk nilai 90 sampai 100, yang menunjukan bahwa nilai website tersebut sangat cepat.

Nah, jika sobat mengalami skor 0 terus menerus, silahkan Ajukan bug pada respon mercusuar. Keunggulan dari Google PageSpeed Insights ini sendiri, kita akan mendapatkan saran untuk meningkatkan kualitas user experience di perangkat mobile.

Untuk kode kode warna nya, bisa dilihat dibawah ini :
  • 0 Hingga 49 (Lambat) : Merah
  • 50 Hingga 89 (Rata-Rata) : Oranye
  • 90 Hingga 100 (Cepat) : Hijau


Untuk tools yang satu ini mungkin tidak asing untuk blogger yang menggunakan wordpress, karena tools ini menyediakan plugin keamanan untuk wordpress. Namun, situs ini juga belum banyak yang mengetahui bahwa situs ini juga dapat memeriksa kecepatan akses website tersebut.

Keunggulan dari tools ini, kita dapat mengecek loading website dari beberapa negara sekaligus. Salah satu elemen penting dari tools ini adalah  "time to first byte" yang menyatakan waktu yang di butuhkan, berapa lama konten sobat dikirim kembali ke browser untuk mulai memproses.


Geek-Flare.png

Geek Flare merupakan situs tools kecepatan akses website  yang masih terbilang baru, meskipun baru situs ini juga dapat mengecek akses kecepetan website baik di perangkat maupun di mobile.

Keunggulan dari Geek Flare, kita dapat mengetahui di detik berapa loading konten di website sobat mulai loading, dan di detik berapa halaman website sudah loading secara penuh.



Untuk tools yang terakhir ini bernama GTMetrix, GTMetrix merupakan sebuah tools kecepetan website yang sering saya gunakan. GTMetrix juga menyediakan tools gratis untuk mengecek kecepatan akses website, untuk itu lah saya sarankan untuk menggunakan tools yang satu ini. Untuk penggunaan nya pun cukup mudah, jadi cocok untuk sobat yang masih pemula.

Keunggulan dari GTMetix ini, analisis yang begitu lengkap, jadi dapat memudahkan sobat. Google PageSpeed Insights juga merekomendasikan untuk menggunakan salah satu tools ini.


GTMetrix menampilkan ringkasan analisis kecepatan website di bagian atas halaman sehingga mudah dibaca. Ringkasan tersebut berisi page size, jumlah request, dan total waktu loading. GTMetrix juga menyediakan analisis untuk mengidentifikasi masalah apa yang Anda hadapi dan rekomendasi yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Anda bisa menyimpan analisis kecepatan website di GTMetrix dengan membuat akun secara gratis. Akun gratis GTMetrix memungkinkan Anda menyimpan hingga 20 tes kecepatan terakhir.

Penutup ;

Itulah beberapa tools Gratis Untuk Cek Kecepetan Website & Blog yang bisa anda gunakan, semoga dengan ada nya artikel ini dapat bermanfaat untuk anda semua.

Tidak ada komentar untuk "Tools Gratis Untuk Cek Kecepatan Blog atau Website"