Widget HTML Atas

Tips Agar Konsisten Menulis Artikel Di Blog

Tips Agar Konsisten Menulis Artikel Di Blog- Membuat artikel blog sesungguhnya merupakan kerjaan yang mudah untuk dilakukan. Namun meski mudah banyak sekali para blogger yang tidak konsisten melakukannya.

Dengan jarang membuat konten otomatis secara perlahan membuat pengunjung blog menjadi turun drastis sehingga pendapatan dari blog ikutan turun juga.

Untuk kalian yang sudah lama bergelut di dunia blogging pastinya sudah merasakan betapa sulitnya untuk konsisten dalam menulis artikel. Tetapi bagi yang baru mulai membuat konten blog sebaiknya persiapkan mental dan yakinlah jika semua rintangan mulai dari rasa malas, dan enggan untuk terus belajar mampu dilewati.

Tips Agar Konsisten Menulis Artikel Di Blog
Image- Tips menulis Artikel Blog

Agar kalian bisa konsisten dalam menulis sebuah artikel berikut sedikit saran yang mungkin bisa bermanfaat untuk kalian.

Baca juga 

1. Jadikan Menulis Artikel Blog Sebagai Hobi

Sebuah artikel blog pada dasarnya merupakan sebuah catatan yang ditulis kemudian diterbitkan secara online.

Nah, jika sobat ingin menjadi blogger yang mampu konsisten dalam menulis, yakinlah jika setiap konten yang ente tulis merupakan catatan kejadian yang pernah dialami.

Selain postingan yang ditulis akan terlihat natural sehingga mudah dirasakan oleh para pembaca, lama kelamaan sobat akan terbiasa membuat kejadian yang dialami menjadi sebuah tulisan.

Dengan begitu, rasa senang yang berubah menjadi hobi akan dirasakan secara perlahan. Maka tidak akan sulit menulis artikel blog dijadikan sebagai hobi.

2. Tulislah Artikel Blog Sesuai Hobi Atau Kemampuan Kalian

Banyak para teman blogger di awal ngeblog bingung untuk menulis tentang apa. Sehingga banyak yang bingung ingin menentukan tema pada blognya.

Padahal jika kalian sadar, membuat sebuah artikel yang ditulis dari hobi kalian maka tidak akan sulit untuk membuatnya.

Sebagai contoh jika sobat gemar bermain game maka tulislah kejadian yang dialami atau tutorial cara bermain game.

Dengan hobi yang ditulis menjadi sebuah artikel maka tidak akan sulit untuk membuat sebuah postingan blog.

3. Tulislah Tanpa Memikirkan EYD

Memang membuat sebuah artikel blog dengan memikirkan EYD sangatlah bagus, tetapi jika sobat blogger tidak menguasainya lebih baik untuk membuat artikel sesuai yang ada dalam fikiran sobat.

Selain sobat tidak pusing, saat membuat artikel juga terasa lebih mudah, dengan begitu konsistensi dalam menulis di blog akan bisa terwujud.

Nah, setelah semuanya terlihat tertata, baru deh sobat belajar mengenai EYD tetapi jangan menghilangkan gaya bahasa sobat agar pembaca setia di blog tidak merasa asing dengan gaya bahasa yang dirubah.

Diwaktu awal ngeblog dan mungkin hingga sekarang saya jarang sekali memikirkan tentang EYD karena saya berfikir sebuah tulisan blog hanya sebuah catatan bukan sebuah karya ilmiah yang memang dituntut sesuai EYD.

Mungkin dari beberapa tulisan yang saya buat, hanya beberapa postingan yang saya pikirkan dengan gaya bahasa yang baik, itupun lantaran target pembaca memang dari kalangan tertentu.

Jadi tulislah sebisamu setelah itu baru perbaiki jika memang tulisanmu masih terlihat kurang enak untuk dibaca.

Sedikit saran setelah selesai menulis coba untuk dibaca tetapi menggunakan suara jangan didalam hati.

Saat sobat mendengar ada kata yang kurang enak boleh diganti.

4. Tulislah Artikel Meski Angka Di Adsense Dan Alexa Tidak Maksimal

Salah satu hal yang membuat susahnya untuk konsisten dalam menulis artikel diblog ialah pendapatan dan rank Alexa tidak kunjung membaik meski sudah rajin posting artikel setiap hari.

Memang rasa tersebut menjadi salah satu yang membuat kita drop apabila dari awal ngeblog yang dipikirkan hanya pendapatan.

Sebenarnya tidak ada salahnya memikirkan penghasilan jika rasa tersebut bisa memacu rasa semangat untukk menulis artikel.

Tetapi disaat penghasilan tidak kunjung membaik membuat rasa menulis menjadi malas sebaiknya rubahlah pripsip itu.

Jadikanlah blog kalian seperti catatan pribadi yang mungkin bisa bermanfaat untuk orang lain. Dengan begitu saya yakin jika sobat mampu konsisten dalam menulis artikel.

5. Selalu Catat Setiap Ide Yang Muncul

Permasalahan lain yang sering membuat seorang blogger stop menulis karena beralasan tidak mempunyai ide untuk ditulis.

Permasalahan tersebut sebenarnya permasalahan classic yang kerap kali saya dengar dari sobat blogger.

Padahal sebuah ide untuk menulis itu sangatlah banyak jika sobat mampu membuat sebuah gagasan yang tiba-tiba muncul bisa dijadikan sebagai artikel.

Apalagi saat ini banyak sekali tools untuk mencari judul konten yang masih berkaitan dari artikel yang sudah sobat posting tentu akan mempermudah menemukan sebuah ide bukan.

Sebagai contoh; dalam artikel ini saya membahas tentang tips agar konsisten dalam menulis artikel blog.

Jika sobat bisa berpikir luas, apakah dari artikel ini bisa dibagi lagi menjadi beberapa postingan blog?

Tentu saja sangat bisa karena artikel ini bisa melahirkan artikel lain dengan judul Cara Mencari Ide Konten Blog atau Kesalahan Fatal Blogger Pemula Dalam Menulis Artikel

Dari Contoh tersebut, sobat bisa mencari judul artikel dari postingan yang sudah diterbitkan bukan, sehingga ide-ide baru akan terus ada.

Baca juga 

Penutup

Semoga tips agar konsisten menulis artikel di blog kali ini bisa beranfaat untuk sobat blogger yang sedag merasa malas untuk membuat konten blog.


Tidak ada komentar untuk "Tips Agar Konsisten Menulis Artikel Di Blog"